Tangkal Radikalisme, Kader Garda Bangsa se Jateng Digembleng Wawasan Kebangsaan

Kejajar,(wonosobo.sorot.co)–Sebanyak 275 peserta mengikuti Dieng Adventure Garda Bangsa Jateng di Taman Syailendra Dieng, Kejajar, 01-02 November 2019). Para peserta diberi wawasan kebangsaan untuk menanamkan jiwa patriotisme dikalangan kader sayap politik pemuda PKB ini.

Ketua Panitia Dieng Adventure 2019 Garda Bangsa, Suwondo Yudhistiro mengatakan, selain menanamkan jiwa patriotisme dikalangan kader pemuda PKB, juga untuk menanamkan spirit menolak radikalisme yang sudah sangat mengancam keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia.

“Jadi pemahaman-pemahaman sikap cinta tanah air dan bangsa serta upaya menolak radikalisme itu penting ditanamkan kepada para generasi muda. Karena bangsa ini sedang terancam aliran-aliran radikal yang menawarkan kekerasan dalam rangka mencapai tujuan,” kata Suwondo yang juga Ketua DKC Garda Bangsa Wonosobo.

Ia menegaskan, kaum muda Indonesia perlu mewaspadai adanya gerakan-gerakan yang ingin mengganti falsafah negara Pancasila dengan sistem khilafah. Ini sangat berbahaya karena tidak sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa Indonesia. 

“Dalam acara ini kita juga melakukan penanaman sebanyak 2.500 pohon di Dieng. Penanaman pohon di kawasan wisata Dieng ini sebagai bentuk ikhtiar ikut melestarikan alam dan lingkungan di sekitar Dieng,” jelasnya.

Saat ini, menurutnya, pegunungan Dieng sudah mengalami kerusakan alam yang luar biasa akibat ekploitasi lahan pertanian secara besar-besaran. Pohon lindung sebagai penguat tanah dari erosi sudah hampir habis dan minim upaya reboisasi.

“Itu semua akibat penjarahan hutan yang pernah terjadi dan ekploitasi lahan pertanian. Saat ini kawasan pegunungan Dieng tampak gundul. Hamparan hutan yang dulunya hijau , kini telah disulap menjadi lahan pertanian,” bebernya.

Jika tidak ada upaya reboisasi, alam dan lahan di Dieng akan semakin kritis dan rusak. Sehingga harus ada gerakan menanam pohon secara massal agar kondisi lingkungan alam di kawasan wisata pegunungan Dieng kembali hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.